Tugas Pertemuan 3 Praktek Jaringan Komputer

Nama    : Fellix Juwantono

NIM       : 12190153

Kelas    : 12.3A.11

 

 

Cisco vs Mikrotik

 

    Pada akhirnya mungkin kita akan bertanya-tanya, “apa sebenarnya kriteria dari sebuah router yang dapat dikatakan ‘enterprise’?”. Dan pada akhirnya semua menjadi subjektif karena belum saya temukan adanya parameter resmi untuk sebuah router dapat dikatakan ‘enterprise’.

 

PENGERTIAN

Diliat Dari Pengertianya:

  • MIKROTIK Adalah Sistem operasi yang termasuk di dalamnya perangkat lunak yang dipasang pada suatu komputer sehingga komputer tersebut dapat berperan sebagai jantung network, pengendali atau pengatur lalu-lintas data antar jaringan, komputer jenis ini dikenal dengan nama router.

  • CISCO Adalah Sebuah peralatan utama yang digunakan pada jaringan yang luas atau Wide Area Network (WAN). Dengan Cisco router, infformasi dapat diteruskan kealamat - alamat yang berjauhan dan berada di jaringan computer yang berlainan. Yang bertujuan untuk dapat meneruskan paket data dari suatu LAN ke LAN lainnya, Cisco router.

LATAR BELAKANG

Diliat Dari Latar Belakang:

  • Pada saat ini kita harus mengetahui apa saja perbedaan dari cisco dan mikkrotik karena pada saat kita membuat suatu jarigan kita harus mengerti apa kualitas atau kelemahan serta kelebihan dari perangkat yang kita gunakan.

FUNGSI 

Dilihat Dari Fungsinya:

  • MIKROTIK Berfungsi untuk Jaringan bersekala kecil maupun bersekala besar hal ini tentunya disesuaikan pada resource daripada komputer itu sendiri.

  • CISCO Berfungsi sebagai Penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router memiliki bagian-bagian yang hampir mirip dengan PC.

PERBANDINGAN

Diliat Dari Perbandinganya:

  • CISCO terdapat beberapa jenis seri Router, semakin tinngi serinya semakin canggih dan lengkap fitur-fiturnya yang disediakan oleh Cisco akan tetapi harganya juga semakin mahal.Swicth dan router memiliki banyak persamaan kedua - duanya sama memiliki RAM, ROM, NVRAM, falsh, CPU dan sama menyediakan port Console, Seperti halnya swicth, beberapa jenis Router menyediakan fasilitas upgrade modul sehingga dapat menambah kemampuan.Router juga dapat dioperasikan via CLI. Router menggunakan sistem operasi IOS.Jika kita sudah memahami prinsip dasar penggunaan perintah-perintah IOS maka kita tidak akan mengalami banyak hambatan ketika mulai belajar mengoperasikan router.

  • MIKROTIK  ROUTER OS Adalah Sistem Operasi dan Perangkat Lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP dan provider hotspot. 

 

Beberapa pihak lebih memilih Cisco dengan alasan

1. Memiliki dukungan resmi
2. Brand yang telah lama dikenal
3. Banyak network engineer yang familiar dan mengerti konfigurasi & troubleshoot Cisco
4. Resource yang besar dipercayai menangani traffic yang tinggi
5. Dokumentasi yang lengkap
6. Sertifikasi yang berskala internasional

Beberapa pihak lebih memilih Mikrotik dengan alasan
1. Harga yang berkali lipat lebih murah, lebih merakyat
2. Performa yang baik, dan jauh lebih memuaskan untuk sebagian pihak network engineer
3. Nyaman, ada yang lebih betah setelah familiar dengan antar muka dan konfigurasinya
4. Ada dukungan komunitas walaupun tak ada dukungan resmi
5. Resource tidak sebesar Cisco yang setara, namun mampu menangani traffic yang tinggi untuk seukuran resource yang dimiliki Mikrotik
6. Ringan.

Kapan menggunakan Cisco? ini akan subjektif kepada network engineer-nya. Namun alasan paling umum menggunakan Cisco yakni
1. Jika budget-nya cukup
2. Jika rekan satu tim yang support hanya mengerti Cisco
3. Jika network engineer tidak siap untuk resiko menangani masalah Mikrotik 100% tanpa dukungan resmi
4. Jika traffic data perusahaan tinggi dan data sangat penting namun network engineer belum pernah memiliki pengalaman big data traffic dengan Mikrotik
5. Jika tidak memiliki best practise menggunakan Mikrotik, sementara kebutuhan mengharuskan gerak cepat.

Kapan menggunakan Mikrotik?
1. Jika budget tidak mencukupi untuk beli Cisco
2. Jika traffic yang ditangani ratusan hingga < 1.200 devices
3. Jika berani ambil resiko menangani masalah yang muncul 100% tanpa dukungan resmi brand

Setelah membaca aneka artikel, ternyata ini +- 10% perangkat, 90% the man behind the gun. Karena ada beberapa yang bermasalah dengan Mikrotik namun mereka keep searching & learning hingga bisa menangani masalah. Malah ada praktisi yang berasumsi Mikrotik layak untuk data center. Ada juga yang sudah pakai Cisco namun begitu bermasalah, mendapat dukungan resmi, namun solusi akhir adalah menunggu update informasi dan data dari pihak Cisco.

Pertimbangan akhir memilih Cisco
– Cisco adalah sebuah nama yang besar dan memiliki reputasi yang baik. Biasa digunakan untuk traffic data skala enterprise. Mereka berusaha menciptakan produk tidak memandang dari sisi kualitas material produk saja, namun juga dari sisi after sales-nya. Kompatibilitas untuk digunakan bersama dengan aneka device & firmware, durabilitas, ‘garansi’ berupa layanan dukungan resmi yang memungkinkan anda bisa bertanya jika andaikata jam 2 pagi memiliki masalah dengan router dan bingung mau tanya siapa, dan yang paling utama yakni bisa diandalkan untuk sebanyak mungkin skenario.

Pertimbangan akhir memilih Mikrotik
– Performa luar biasa untuk harga yang berkali-kali lipat lebih murah daripada produk Cisco yang setara.
– Mulai banyak pengguna Cisco mencoba-coba saja namun ternyata menggunakannya secara berkelanjutan karena jatuh cinta atas user experience yang didapatkannya serta tidak memiliki masalah yang berarti hingga bertahun-tahun.
– Karena banyak yang jatuh cinta, banyak orang yang secara suka rela memberikan dukungan, baik itu dari komunitas, maupun personal.
– Usia Mikrotik baru seumur jagung, namun telah banyak mendapat reputasi di hati para profesional dunia akan kinerjanya. Bahkan terlepas dari resource yang relatif lebih rendah serta kesan yang dimunculkan, beberapa praktisi profesional berani mengatakan bahwa Mikrotik adalah produk level enterprise.

 

KESIMPULAN :
Sebenarnya CISCO dan MIKROTIK Mempunyai fungsi yang hampir sama, akan tetapi hanya berbeda pada fitur - fitur dan kecanggihan Serta merknya..



 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Pertemuan 3 Statistika

Tugas Pertemuan 12 Sistem Operasi

Tugas Pertemuan 12 Jaringan Komputer